9 Bentuk Salam yang Unik Dari Berbagai Budaya dan Negara

Salam merupakan salah satu cara bagi seseorang untuk menunjukkan rasa hormat dan keramahan kepada orang lain. Selain itu salam juga dapat diartikan sebagai salah satu cara berkomunikasi antar individu yang berhubungan satu sama lain. 
 
Bentuk Salam yang Unik Dari Berbagai Budaya dan Negara


Ada dua cara untuk mengekspresikan sebuah salam, bisa dengan ucapan maupun gerakan. Salam dalam bentuk ucapan sangat beragam yang biasanya berbentuk frasa atau ungkapan. Misalnya, hello, hai, privet, assalamualaikum, dan lain sebagainya. Sedangkan salam dalam bentuk gerakan dapat berupa berjabat tangan, cium pipi, melambaikan tangan, dan lain-lain.

Budaya sangat mempengaruhi bagaimana bentuk suatu salam. Hal ini yang menjadikan antar negara satu dan yang lain sering kali memiliki cara berbeda dalam bersalaman.Misalnya saja, salam hormat pelajar Indonesia dengan mencium tangan gurunya. Bentuk salam seperti ini tidak dilakukan oleh negara-negara eropa. Bentuk salam yang berbeda-beda ini sering kali dijadikan sebagai identitas negara masing-masing. Sehingga sebuah salam bisa dijadikan ciri khas sebuah negara dalam mencitrakan negaranya.

Dan tahukah kamu bahwa ada beberapa negara yang memiliki bentuk-bentuk salam yang unik. Berikut beberapa bentuk salam yang unik dari beberapa negara dan budaya.

1. Hongi – Selandia Baru

Hongi – Selandia Baru

Salam yang disebut Hongi ini merupakan bentuk salam tradisional dari suku Maori, orang-orang pribumi asli di Selandia Baru. Hongi sendiri berarti ‘berbagi nafas kehidupan’ dan dilakukan dengan cara yang unik. Jadi, dengan menggunakan bentuk salam Hongi maka dua orang yang bertemu akan menekankan hidung mereka satu sama lain.

2. Tepuk tangan – Zimbabwe

Tepuk Tangan

Kamu pasti gak asing lagi dengan negara Zimbabwe, iya negara yang sering kali dijadikan bahan meme oleh netizen ini ternyata memiliki bentuk salam ucapan selamat tinggal yang unik. Jadi orang-orang Zimbabwe akan saling menepuk tangan ketika akan berpisah. Keunikan yang lain adalah laki-laki dan perempuan memiliki cara tepukan yang berbeda. Jadi, para lelaki menepuk dengan tangan lurus, sedangkan perempuan menepuk dengan tangan ditangkupkan.

3. Kunik – Inuit

Kunik – Inuit

Kunik adalah bentuk salam yang dipakai oleh suku Eskimo, suku yang tinggal di daerah kutub utama. Jadi, kunik sendiri hampir mirip seperti Hongi-nya suku Maori, bedanya salam ini hanya digunakan kepada keluarga dan orang-orang terdekat saja. Caranya dengan menekan hidung dan bibir bagian atas ke orang lain. Salam ini dilakukan sebagai bentuk kasih sayang.

4. Menekan jempol – Afrika

Menekan jempol – Afrika

Benua hitam nan eksotis Afrika juga dikenal dengan keramahannya, hal ini diimplikasikan dalam bentuk salam mereka yang unik dan menarik. Jadi di beberapa bagian Afrika, seseorang akan menyalami orang lain dengan menekan jempol orang yang disalami.

5. Tiga langkah jabatan tangan – Botswana

Tiga langkah jabatan tangan – Botswana

Masih di benua Afrika, tepatnya di negara Botswana. Jadi bagi orang-orang Bostwana, ada tiga langkah yang harus dilakukan saat bersalaman dengan orang lain. Pertama, mereka akan menjabat tangan seperti biasa, lalu menggerakan posisi tangan sedikit untuk mengunci jempol dan kemudian kembali menjabat tangan seperti biasa lagi.

6. Membungkuk – Jepang

Membungkuk – Jepang

Jepang memang terkenal sebagai suatu negara yang menjunjung tinggi kesopanan dan hal itu dapat terlihat dari bagaimana mereka menghormati orang lain saat bersalaman. Orang Jepang memiliki budaya membungkuk sebagi bentuk salam mereka. Perlu diketahui juga bahwa semakin dihormatinya seseorang, maka orang lain semakin membungkukkan badannya bahkan sampai 90 derajat.

7. Wai – Thailand

Wai

Nah, kali ini datang dari negara tetangga kita, iya negara gajah putih, Thailand. Negara ini juga dikenal dengan bentuk salam yang khas. Jadi, bentuk salam di Thailand itu sendiri dikenal dengan sebutan Wai di mana mereka meletakkan tangannya seperti orang berdoa sambil sedikit menundukkan kepala. Nah, kamu bisa melihat tingkat menghargainya orang Thailand dari posisi tangannya saat memberi salam loh karena semakin tinggi posisi tangan, maka semakin orang tersebut menghargai orang lain.

8. Menjulurkan lidah – Tibet

Menjulurkan lidah – Tibet

Tibet atau yang dikenal dengan atap dunia ini juga memiliki cara yang unik bahkan bagi banyak orang dianggap sebagai hal yang tidak sopan. Orang Tibet dalam memberikan salam akan menjulurkan lidahnya ke orang lain. Hal ini bukan berarti mengejek loh, jadi dengan menjulurkan lidah mereka bermaksud untuk menunjukkan bahwa mereka bukanlah reinkarnasi dari raja terdahulu.

9. Meludah – Kenya dan Tanzani

Meludah – Kenya dan Tanzani

Balik lagi ke benua hitam Afrika, kali ini ada bentuk salam yang mungkin paling aneh di dunia. Bagi orang-orang suku Maasai di Kenya dan Tanzania, meludah satu sama lain adalah perwujudan bentuk sopan santun. Berbanding terbalik dengan kita ya? Nah, jadi saat mereka bersalaman, mereka akan meludahi tangannya dahulu baru setelah itu berjabat tangan.[ayobuka.com]

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "9 Bentuk Salam yang Unik Dari Berbagai Budaya dan Negara"

Back To Top