Fantastis, Inilah 5 Film Termahal di Dunia yang Pernah Dibuat

Berbicara mengenai film, sudah banyak karya-karya yang diakui dunia sebagai film terlaris, terbaik, dan sebagainya. Nah, kali ini merdeka.com akan membahas tentang sederet film yang menghabiskan biaya pembuatan termahal di seluruh dunia.

Fantastis, Inilah 5 Film Termahal di Dunia yang Pernah Dibuat

Dikutip dari The Richest, sebenarnya ada 15 film yang berjajar rapi menempati ranking termahal dunia. Film-film tersebut antara lain X-Men: The Last Stand (2006), King Kong (2005), The Dark Knight Rises (2012), Avatar (2009), Harry Potter and the Half-Blood Prince (2009), dan masih banyak lagi.

Namun kali ini hanya akan menampilkan 5 teratas sebagai film dengan biaya pembuatan termahal. Film apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini!

1.Tangled (2010)

Tangled (2010)

Tahun 2010, salah satu film Disney berjudul Tangled menjadi terkenal. Pasalnya, kisah tentang Rapunzel ini dinobatkan sebagai film animasi termahal yang pernah dibuat dengan menghabiskan waktu selama 6 tahun untuk menyelesaikannya.

Alasan pembuatan film yang sangat lama disebabkan oleh adanya sistem yang harus selaras dengan komputer serta animasi di dalamnya. Tak khayal jika hasilnya film ini begitu perfect dari segi tampilan.

Awalnya, film ini dianggarkan dengan biaya USD 260 juta. Namun karena molor, pembengkakan pun tak terelakkan hingga menyentuh angka USD 281,7 juta atau setara dengan Rp 3,63 triliun.

Lebih fantastis lagi, selam tayang di box office film ini mencatat pendapatan yang cukup tinggi, yakni USD 590,7 juta atau setara dengan Rp 7,6 triliun.

2. Spiderman 3 (2007)

Spiderman 3 (2007)

Trilogi Spiderman yang terakhir ini mencatat pembuatan termahal dari seluruh sekuel yang pernah dibuat. Anggaran sebesar USD 293 juta atau setara Rp 3,79 triliun habis untuk pengerjaan film ini.

Namun sayang, biaya tinggi yang dikeluarkan untuk membuat film ini ternyata tidak dihargai dan hanya meraup pendapatan yang sedikit. Total pendapatan di box office, Spiderman 3 hanya mencatat USD 890 juta atau sekitar Rp 11,5 triliun. Seharusnya, pendapatannya bisa jauh lebih baik.

3. Titanic (1997)

Titanic

Untuk pembuatan film serumit Titanic, jelas membutuhkan dana yang tidak sedikit. Film ini menjadi salah satu film termahal yang pernah dibuat dengan menghabiskan dana USD 294 juta atau berkisar Rp 3,79 triliun.

Bagaimana dengan pendapatannya? Sangat fantastis! Tercatat setelah rilis tahun 1997, film ini meraup pendapatan sekitar USD 1,8 miliar atau setara dengan Rp 23,2 triliun! Tak berhenti di situ, saat versi 3D dirilis tahun 2012, film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet ini meraup pendapatan sebesar USD 343,6 juta atau sekitar Rp 4,4 triliun.
Secara total, pendapatan film ini adalah Rp 27,6 triliun! Fantastis!

4. Cleopatra (1963)

Cleopatra

Mungkin sedikit mengejutkan ketika menyebut Cleopatra masuk dalam jajaran film termahal yang pernah dibuat, pasalnya itu sudah terjadi sangat lama. Film ini dirilis pada tahun 1963 dan telah disesuaikan dengan inflasi, maka dikatakan telah menelan biaya sebesar USD 339 juta di zaman sekarang. Nilai tersebut setara dengan Rp 4,3 triliun.

Untuk tahun itu, Cleopatra menjadi film terlaris. Hanya saja karena anggarannya terlalu tinggi, di sini film tersebut sebenarnya mengalami kerugian.

Awalnya, anggaran film ini adalah USD 44 juta di tahun 1963, dan hanya menghasilkan sekitar USD 26 juta saja. Itu sama halnya dengan hanya mendapatkan USD 200 juta di tahun sekarang

5.Pirates of the Caribbean: At Worlds End (2007)

Pirates of the Caribbean

Dengan perkiraan anggaran sebasar USD 300 juta atau setara dengan Rp 3,87 triliun untuk produksi, film Pirates of the Caribbean: At World's End sukses menjadi yang termahal di dunia. Bahkan nilai jumlah tersebut bernilai tiga kali lipat anggaran gross box office yang sangat luar biasa.

Selain biaya properti yang digunakan, para pemain pun juga dibayar dengan harga tinggi. Terlebih lagi film ini juga 'ditembakkan' ke seluruh dunia, sperti Singapura, Muerte, Plegosto, Tortuga, dan Isla Cruses. [merdeka.com]

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Fantastis, Inilah 5 Film Termahal di Dunia yang Pernah Dibuat"

Back To Top