Begini Jadinya Jika Alam Mengalahkan Peradaban Manusia

Alam memiliki kekuatan yang luar bisa. Meskipun terancam keberadaan manusia, entah bagaimana ia selalu mampu menunjukkan keperkasaannya. Bahkan ketika peradaban manusia mencoba menguasai, pada titik tertentu alam akan mengalahkannya.


 
Berikut ini, kami tampilkan foto-foto yang menjadi bukti kalau kekuatan alam bisa menandingi ciptaan manusia.

1. Mall jadi kolam ikan
 

Bagian dalam bangunan di Bangkok yang dulunya New World Mall ini dipenuhi air berisi ribuan ikan koi hitam dan putih. Dilaporkan Daily Mail, mall ini ditutup pada tahun 1997 karena sebab yang tak diketahui. Pada tahun 1999 terjadi kebakaran yang merusak sebagian bangunan, hingga menjadikan bagian atapnya hilang tanpa sisa.

Hujan selama bertahun-tahun akhirnya memenuhi bangunan tersebut dengan air. Gedung itu akhirnya menjadi sarang nyamuk. Untuk mengatasinya, penduduk setempat menempatkan bibit ikan koi di lantai mall yang kini berubah jadi kolam air hujan tersebut.

Ikan-ikan itu dibiarkan begitu saja. Tak disangka, dalam waktu beberapa tahun saja jumlah ikan di sana sudah berlipat ganda hingga ribuan. Setelah menjadi fenomena selama beberapa tahun, akhirnya ikan-ikan itu dipindahkan dan gedung mall dirobohkan.

2. La Petite Ceinture, Prancis


La Petite Ceinture yang berarti 'sabuk kecil' adalah jalur kereta tua yang ada di tengah kota Paris, Prancis. Disebut sabuk kecil karena jalur kereta tersebut melingkari kota Paris.

Menurut situs Messynessy Chic, La Petite Ceinture dibangun pada tahun 1862. Setelah beroperasi selama puluhan tahun, jalur tersebut ditutup pada tahun 1934.

Sekarang stasiun dan jalur kereta La Petite Ceinture telah 'diambil alih' oleh tumbuhan liar dan menjadi atraksi wisata tersendiri bagi warga Paris. Seperti yang Anda lihat, salah satu sisi jalur kereta ditumbuhi bunga-bunga pink cantik yang mekar penuh pada musim semi.

3. Gedung tua di Hong Kong


Foto bangunan tua ini merupakan bagian dari proyek foto Romain Jacquet-Lagreze yang dipublikasikan pada tahun 2014.

Foto ini menunjukkan sebuah gedung tua di Hong Kong. Gedung tersebut begitu lama terbengkalai, hingga tanaman liar tumbuh melalui sela-sela dinding beton.

Sebuah pohon tumbuh di atapnya. Seiring berlalunya waktu, pohon tersebut tumbuh besar dan akar-akarnya menembus beton. Memanjang ke bawah hingga ke dasar gedung.

4. Situs Angkor

Angkor merupakan kompleks candi Hindu-Buddha di Kamboja yang menjadi bagian dari warisan dunia UNESCO.

Selama puluhan tahun candi ini tertutup hutan lebat. Akar-akar pohon raksasa menutupi bagian atas bangunan, menghasilkan perpaduan unik antara keindahan alam dan kreasi peradaban manusia.

5. Kuburan mobil Belgia
 

Kuburan kendaraan di Chatillon adalah kompleks kuburan mobil yang berada di Belgia. Dilaporkan situs Urbanghostsmedia, bangkai-bangkai mobil yang sudah berkarat tersebut merupakan dulunya adalah milik para petugas dan prajurit Amerika yang ditempatkan di wilayah Chatillon saat Perang Dunia Ke-II. Sesaat setelah perang berakhir, mobil-mobil ini ditinggalkan para pemiliknya karena biaya pemaketan ke Amerika yang terlampau tinggi.

Seiring waktu, mobil-mobil itu mulai jadi tempat tinggal lumut dan tumbuhan liar. Dalam beberapa dekade saja, besi dan baja kendaraan rongsok di sana telah menyatu dengan alam.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Begini Jadinya Jika Alam Mengalahkan Peradaban Manusia"

Back To Top