Misteri Lubang 'Neraka' di China

Warga di wilayah pegunungan luar kota Urumqi, Xinjiang, China, dikejutkan dengan penemuan lubang misterius yang mengeluarkan api, mengundang perhatian dari para ahli geologi dan media dalam beberapa pekan terakhir.

Dilansir dari Daily Mail, Jumat, 10 April 2015, lubang itu mengeluarkan panas yang sangat tinggi. Hingga dua meter dari lubang itu saja, temperatur tercatat mencapai 792 derajat Celcius.

Misteri Lubang 'Neraka' di China

Panas yang sangat tinggi, membuat para ahli tidak dapat berada cukup dekat, untuk bisa menentukan kedalaman lubang itu. Rekaman video memperlihatkan ranting kayu terbakar, saat dimasukkan ke lubang berdiameter sekitar satu meter itu.

Beberapa netizen China telah memberi julukan 'gerbang ke neraka' setelah melihat foto-foto lubang itu. Warga setempat mengatakan, mereka telah merasakan lokasi di sekitar wilayah itu hangat untuk beberapa waktu. Namun bukit tempat lubang itu ditemukan, bukanlah wilayah vulkanik. Pakar geologi Xinjiang mengira lubang itu, disebabkan oleh lapisan batu bara yang terbakar di bawah tanah, menyebabkan lapisan permukaan runtuh.

"Fenomena ini telah ada selama beberapa dekade," kata Huang Wei, seorang ahli dari biro geologi Xinjiang. Dia menambahkan, asap kerap muncul dari bawah tanah di bukit itu, selama musim panas dan semi. Sementara pejabat Xinjian, Chen Long, mengatakan dulu terdapat belasan tambang batu bara kecil di wilayah itu, pada 1970an. "Penambangan primitif dan tehnik yang salah, menyebabkan batu bara terbakar di bawah tanah," kata Chen.



"Para penambang tidak menutup lokasi secara layak setelah menghentikan operasi," tambahnya. Otoritas setempat mengatakan telah memulai rencana, untuk memadamkan api di bawah tanah itu.[viva.co.id]

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Misteri Lubang 'Neraka' di China"

Back To Top